Hafalkan Alqur’an

Al qur’an itu bisa melunakan hati dan meneranginya, maksudnya hati lunak untuk dimasuki petunjuk atau peringatan, mau menerima dan merasa puas, mudah sadar dan insaf, merendah diri. Firman Allah dalam surah az zumar ayat 23 : ” Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik yaitu Alqur’an yang ayatnya mirip serupa, lagi berulang-ulang bacaanya. ketika dibaca, gemetarlah karenanya, kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang / lunak kulit dan hati mereka ketika mengingat Allah. itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia tunjukkan siapa yang dikehendakiNya. dan barang siapa disesatkan Allah, niscaya tiada baginya seorangpun yang bisa menunjukannya “.

Sabda Nabi Muhammad SAW : ” Hati seseorang itu bisa berkarat mengotor sebagaimana berkaratnya besi. kemudian diantara sahabat ada yang bertanya : Apakah alat pembersihnya ya Rasulullah ? Nabi bersabda : yaitu membaca Alqur’an dan ingat akan mati “.

Sabda Nabi Muhammad SAW : ” Sesungguhnya seseorang yang didalam hatinya tiada sesuatu dari Alqur’an adalah bagaikan rumah yang rusak “.

Sabda Rasulullah SAW : Bacalah alqur’an, karena Allah tidak akan menyiksa pada hati yang berisi Alqur’an. Dan sungguh Alqur’an itu merupakan hidangan lezat dari Allah. maka barang siapa yang masuk di dalamnya akan aman, dan siapa yang cinta dengan Alqur’an maka gembirakanlah dia “.

dikutip dan diedit dari alquran membekas dalam hati dan api neraka tidak berani membakarnya / Alqlur’an hidangan segar / maftuh basthul birri / madrasah murottilil qur’anil karim – lirboyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *