Catatan Kecil (1)

  • Di bulan yang mulya, bulan yang penuh keberkahan dan kenikmatan dari Allah Jalla Jalaluhu, yaitu tepatnya bulan ramadhan 1437 H yang lalu, saya baru mengenal methode menghafalkan alqur’anul karim yang luar biasa yang diadakan setiap bakda subuh di mushola asy syifa’ perumahan BMW bago Tulungagung selama sebulan penuh oleh ust. Saifudin al faishaldengan penuh kesabaran, ketelatenan dan semangat.
    Dengan menggabungkan beberapa methode ; mulai dari tafhimy ( memahami terlebih dahulu ayat-ayat yang akan kita hafalkan ), taqsimy ( memahami, melafadzkan dan menghafalkan per-penggalan ayat atau kalimat), talaqy ( methode yang sering digunakan oleh para calon khafidz / khafidzah alqur’an yang juga methode tertua sebagaimana Rasulullah Muhammad shallahu ‘alaihi wasallam dengan malaikat Jibril ‘alaihi wasallam ), dan kemudian yadainy yang dikembangkan oleh ust. Yadi iryadi ( mengikat hafalan dengan menghafalkan nomor ayat beserta awal ayatnya dengan mempergunakan dua tangan kita masing2 ).
    Sungguh nikmat yang luar biasa yang Allah berikan, sangat cocok untuk bisa menghafalkan alqur’an tanpa harus mondok di pesantren tahfidz dan suatu kondisi lainnya.
    Alhamdulillah kegiatan ini masih lancar berjalan bahkan sudah berkembang tidak hanya di mushola asy syifa’ namun sudah ada di beberapa tempat, seperti; mushola sidrotul muntaha kedungwaru, sekolah khalifa, mushola ittihad sumbergempol dan masjid arrohmah blitar dan lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *